Di Awal Tahun, Solopos Bersama MZK Institut Gelar UKW

Di Awal Tahun, Solopos Bersama MZK Institut Gelar UKW

Di Awal Tahun, Solopos Bersama MZK Institut Gelar UKW
194 Kali Dilihat=>>|

Lpk | Solo – Untuk meningkatkan profesionalisme wartawan, seorang wartawan atau Jurnalis perlu mengikuti pelatihan atau Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Lembaga penguji Uji Kompetensi Solopos dan MZK Institut mengelar UKW selama 2 hari, dimulai Sabtu dan Minggu 8 dan 9 Januari 2022 di Red Chilies Hotel Kota Solo Provinsi Jawa Tengah.

Semakin bertambahnya Jurnalis yang berkompeten diseluruh wilayah, maka diharapkan semakin optimistis berita dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan semakin dapat dipercaya dan tentunya berita – berita yang dihasilkan akan berimbang, tentunya sesuai fakta yang ada.

Untuk menjadi seorang wartawan atau Jurnalis yang sudah dinyatakan berkompeten tentunya bukannya hal yang mudah, Wartawan profesional harus selalu menjunjung tinggi dan melaksanakan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Pers Nomor : 40 tahun 1999.

Aldes Steven Segel (18) Jurnalis yang berstatus Mahasiswa Universitas Baturaja jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dengan penuh semangatnya jauh – jauh dari Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera selatan ke kota Solo Jawa tengah datang untuk mengikuti UKW Solopos. UKW yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Januari 2021 ini diikuti oleh berbagi Jurnalis dari beberapa daerah seperti Jawa tengah, Jawa barat, Jawa Timur, Sulawesi, dan dari beberapa kota lainnya.

Aldes Jurnalis yang baru berusia 18 tahun saat dihubungi pada hari Sabtu, (08/01/2022) dinomor hp pribadinya mengatakan, alhamdulilah saya mendapatkan kesempatan yang baik ini dapat mengikuti UKW di kota Solo Jawa tengah, yang mana sebelumnya saya belum pernah ke kota solo ini. Walaupun harus 2 hari saya naik bis ke kota Solo ini, namun rasa lelah itu hilang demi untuk memperdalam ilmu Jurnalistik.

“Dari sekian banyak peserta yang hadir, memang saya yang paling muda. Semoga para senior – senior yang hadir bisa saling berbagi ilmunya, apalagi saya masih muda dan sangat butuh sekali bimbingan,”kata Aldes.

“Semoga dengan adanya UKW di kota Solo yang saya ikuti ini, akan banyak memberikan manfaat untuk saya terutama dibidang Jurnalistik,” ucap Aldes.

Aldes (18) kembali menyampaikan, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang bertujuan untuk mejadikan seorang wartawan dan Jurnalistik akan semaksimal mungkin waktunya saya manfaatkan, agar kedepan saya akan mampu berkarya di bidang Jurnalistik secara profesional dalam bentuk berita berdasarkan Fakta dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Intinya saya ikut UKW agar kedepan dapat menjalankan profesi Jurnalis secara profesional dan tentunya mampu berperan dalam turut serta membangun daerah Kabupaten OKU melalui peran Media yang saat ini sedang saya geluti,”pungkas Aldes.

Reporter : Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *